9 Penyebab & Cara Tercepat Mengatasi HP Android yang Lemot

Cara mengatasi HP Android lemot - Ketika hanphone mengalami kinerja yang lambat pastinya ada sesuatu yang salah pada Hp tersebut entah itu dari segi hardware ataupun sofware. Ada banyak penyebab Android tiba-tiba lambat dan lemot. Disini adalah kasus yang paling banyak di alami oleh pengguna Android. Salah satu penyebab HP Android lemot paling umum adalah karena masalah aplikasi yang dijalankan terlalu banyak melebihi kapasitas HP tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lainnya yang perlu juga untuk diketahui.

Selain masalah yang disebabkan oleh software ada lagi yaitu hardware yang memerlukan penanganan khusus dari seorang teknisi handphone.

Baca juga : Cara meNonaktifkan Pola Pengunci Layar Untuk Semua Hp Android

Ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui sebelum sobat melakukan trik pada Android ini. salah satunya adalah mengececk kapasitas RAM dan Prosesor pada Android sobat. Hal ini sangatlah penting dimana RAM adalah ibarat "pekerja" pada android sedangkan Prosesor adalah ibarat "kecerdasan" keduanya harus balance sehingga akan menghasilkan kinerja yang harmonis dan stabil. jika salah satu bekerja melebihi kapasitasnya maka sistem akan mengalami ketidakseimbangan salah satunya adalah "lemot"

Baca ini juga : Cara Membuat HP android Menjadi Wifi-Hotspot Untuk Berbagi Kuota Internet

Untuk mengubah HP Android yang lemot menjadi normal kembali di butuhkan pengetahuan khusus agar sobat bisa melakukan trik ini untuk seterusnya. Memang banyak sekali aplikasi yang bisa di gunakan untuk menanggulangi Android lemot namun aplikasi tersebut hanya bekerja pada titik-titik tertentu saja sehingga hasilnya kurang memuaskan. untuk itu sobat harus mengidentifikasi penyebab lemot tersebut. Berikut adalah solusi ampuh dan cepat untuk HP android lemot yang bisa sobat lakukan sendiri.

Kunjungi juga : Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)


9 Penyebab & bagaimana cara tercepat mengatasi smartphone Android lambat dan lemot


Dalam mengatasi masalah kinerja Android yang lemot adalah dengan cara mengetahui penyebabnya. karena dengan mengetahui penyebabnya sobat bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Berikut adalah beberapa penyebab Android terasa lemot dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.


  1. Periksa Memori / RAM yang Tersedia  
    Ini adalah salah satu cara paling ampuh mengatasi Android yang tiba-tiba lemot yaitu memeriksa sisa RAM yang tersedia.  mengidentifikasi masalah lemot pada Android dengan cara ini adalah sebuah keharusan karena RAM merupakan faktor terpenting dalam mengatur segala proses sistem di HP Android. Jika RAM bekerja ini melebihi kapasitasnya maka yang terjadi adalah kemacetan sistem yang juga sering di sebut dengan istilah "lemot" untuk mengecek RAM berikut adalah bagaimana cara melakukannya : 

  2. Cara Ceck Aplikasi yang sedang berjalan dan menghentikan nya


    1. Setting / Pengaturan
    2. Apps / Aplikasi 
      cara mengatasi HP android lemot




    3. Periksa berapa besar memory yang tersedia di bagian "downloaded" disana terlihat bagian bawah berapa memory yang di gunakan "used" dan berapa kapasitas memory yang masih kosong "free" Jika kapasitas free sudah sangat sedikit silahkan bebaskan kapasitas memory ( bisa dengan menambah memory kartu SD atau memindahkan aplikasi yang ada di HP android ke SD card)
      cara ampuh mengatasi HP android lemot
       
    4. Pada bagian ini adalah "running" adalah aplikasi yang sedang berproses / berjalan. Setiap proses membutuhkan RAM maka dari itu sobat bisa membebaskan RAM dengan cara menghentikan salah satu aplikasi yang sedang running / berjalan tersebut. Bagian RAM ini punya andil besar membuat Android lemot dan lamat sehingga jika bagian free sudah hampir habis silahkan bebaskan RAM dengan cara menghentikan aplikasi yang tidak diperlukan.
      cara membuat android lemot jadi normal kembali
    5. Cara stop aplikasi cukup dengan cara menyentuh salah satu aplikasi yang sedang berjalan kemudian sentuh pada "Stop" 
      cara agar android tidak lemot

    Catatan:
    Bagaimana jika aplikasi yang berjalan sedikit namun masih lemot. atau Jika RAM yang tersedia masih banyak namun HP masih lemot sobat bisa periksa aplikasi yang terakhir sobat instal di HP Android sobat. silahkan copot /uninstal aplikasi tersebut kemudian instal kembali  dengan aplikasi yang baru. kemungkinan aplikasi tersebutlah biang keladinya.

    Jika RAM penuh padahal aplikasi yang berjalan sedikit sobat bisa menggunakan aplikasi disable service untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan. silahkan matikan / stop aplikasi yang menggunakan RAM paling banyak.




    />
  3. Cache data memory yang sudah penuh :
    Cache data ini juga mempunyai pengaruh memperlambat kinerja android. karena cache data ini seperti history yang tersimpan pada Android yang ikut membebani memory sehingga perlu di bersihkan. Untuk mencari cache data pada memory Android ini bisa dilakukan dengan mudah, sobat bisa mengeceknya lewat setting - storage/ penyimpanan. di sana sobat bisa meliha cache data memory HP yang sudah terpakai.

    Cara menghapus cachen pada Android :
    Untuk menghapus cache data bisa menyentuh cache data terebut kemudian clear, 


    1. Masuk ke "Setting"
    2. Kemudian "Storage"
      Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti
    3. Scrool ke bawah kemudian sentuh bagian "Cached data"
      Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat atau Lemot
       
    4. Eksekusi dengan "OK"
      Mengatasi Hp Android Yang  Lemot dan Lambat Dengan Cara mudah


  4. Seleksi Widget :
    Widget seperti halnya aplikasi yang membutuhkan RAM. ketika di HP Android mengaktifkan banyak widget maka RAM yang digunakan juga tak sedikit. untuk itu perlunya sobat untuk menseleksi widget yang dibutuhkan saja agar bisa membebaskan lebih banyak RAM yang terpakai.  

    Cara menghapus Widget pada Android
    untuk menghapus widget sendiri cukup mudah silahkan sentuh widget tersebut agak lama kemudian hapus widget tersebut. 
    Cara Mengatasi Android Yang Lemot dengan menghapus widget


  5. Live Walpapper
    Ya.. Hampir tidak ada yang menyangkal bahwa live wallpaper ini membuat Hp android tampak menawan, terlihat keren bahkan membuat HP lebih menarik dari sebelumnya. Namun lain cerita jika live wallpaper tersebut membuat Android melambat dan lemot tentu saja hal itu malah membuat pusing kepala.


    Cara Menghapus / mengganti Live Wallpaper
    Untuk menghapus live wallpaper ini sobat cukup menggantinya dengan wallpaper biasa lewat gallery photo sobat kemudian mengganti gambar tersebut sebagai background Android sobat. 


  6. App Launcher
    App launcher adalah salah satu  ini sebaiknya di hapus jika ternyata App launcher membuat kinerja Hp Android sobat lemot oleh karena itu solusi terbaik adalah meniadakan app launcher tersebut dan mengganti aplikasi App launcher lainnya bisa jadi HP Android yang sedang sobat gunakan tidak cocok dengan App launcher tersebut.

    Cara Menghapus App Launcher :
    Cara menghapus App launcher ini sama dengan menghapus / menguninstal aplikasi pada umumnya. setting -  App - pilih nama launcher pada tab semua aplikasi - klik uninstal aplikasi. 

    Lihat juga : 13 Aplikasi Tema / Launcher Android Terbaru Terbaik Gratis

  7. Install / Pindahkan Aplikasi ke  Memori External / SD card
    Hal ini mungkin belum sobat sadari bahwa Secara default ketika sobat meninstall aplikasi maka aplikasi akan di simpan di Memory pada smartphone. oleh karena itu jika memory HP menyimpan data terlalu banyak hal itu akan memicu sistem berjalan tidak semestinya.


    Cara memindahkan aplikasi ke SD card
    Cara Memindah aplikasi ini cukup mudah caranya mirip dengan menunintal aplikasi hanya saja ketika menguninstal aplikasi sobat memilih unintal namun kalau memindahkan aplikasi sobat cukup memilih "Move to SD card"

  8. Malfunction Sistem Android
    Malfungtion ini adalah kegagalan sistem sehingga akan mengganggu sistem lainnya dan tidak menutup kemungkinan hal itu bahkan membuat HP ngeblank. Tujuan reboot / restart Android ini adalah mengatur ulang sistem Android menjadi sedia kala. Restart ini akan memulihkan masalah tak hanya Malfunction saja tetapi banyak sekali kegunaan dari restart ini  seperti Aplikasi sedang macet / terhenti, android terasa lambat dan lain sebagainya.

    Cara Mengatasi Malfungtion Android
  9. Untuk mengatasi hal ini sobat bisa mereboot / menyalakan ulang Android sobat agar sistem berjalan normal kembali seperti sedia kala. Untuk melakukan restrat / Reboot Android sangatlah mudah, tekan tombol power kemudian pilih "Reboot/ nyalakan ulang'

    Lihat juga : 3 Cara Reset / Menghapus Data Semua Hp Android (Menu-Dial Number-Tombol)

  10. HP Menyimpan Terlalu banyak file / font / Data lainnya.
    HP yang mempunyai file banyak ibarat sebuah mesin yang membawa beban berat. jika mesin tesebut membawa beban terlalu banyak tentu akan membuat mesin bergerak tidak normal. File disini bisa berupa apa saja seperti musik  mp3, video, aplikasi,gambar, dokumen, data SMS, dan lain sebagainya. Jika SMartphone memiliki file dalam jumlah banyak, maka hal itu akan membuat HP memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan scaning file ketika kita hendak mengakses file tersebut dan tidak menutup kemungkinan kinerja HP juga akan menurun alias bertambah berat. Solusi untuk masalah ini sobat bisa menghapus file-file / data-data tersebut dan menggunakan file yang di perlukan saja. 


  11. Anti Virus lebih dari satu dan lain sebagainya :
    Selain cara di atas tentu saja masih ada faktor-lain yang membuat HP android lemot seperti cara menggunakan HP yang tidak sewajarnya, terjadi kesalahan sistem akibat HP terjatuh, menginstal anti virus lebih dari satu dan lain sebagainya. untuk mengatasi masalah tersebut sobat bisa menguninstal anti virus satu saja. 

Semoga dengan tips trik android di atas bisa memberikan solusi bagi siapa saja yang membutuhkan. Selamat mencoba..