Cara Menggabungkan 2 Video Atau lebih Ke 1 Tampilan Layar Video

Mengedit video memang selalu mengasyikkan. salah satu nya adalah trik menggabungkan banyak video menjadi satu layar jadi kita bisa melihat beberapa video sekaligus ketika video di putar. Video juga bisa di atur sesuai kehendak hati dengan mudah. Tips trik video ini adalah salah satu kegunaan dari program populer ulead video studio yang terdapat fitur overlays track dimana sobat bisa menggabungkan beberapa video yang berbeda-beda ke dalam 1 layar atau jika bisa di jelaskan dengan kalimat lain yaitu membuat 2 atau lebih video yang tampil secara berjejeran dalam 1 layar. Untuk mempermudah memahami silahkan lihat gambar di bawah ini. ada 4 video semua nya berputar secara bersamaan. Nah. bagaimana membuatnya.. ?

contoh 4 video dalam satu layar



Lihat juga : 11 Software / Aplikasi Edit Video 100% Gratis Terbaik Terpopuler


Ketika video di atur dan diputar bersaman dalam 1 frame maka penonton bisa melihat banyak video sekaligus. Video di letakkan di atas dan di bawah di kanan atau kiri berjejeran sehingga bisa membentuk kotak namun berisi 4 gambar video yang berputar secara bersamaan. dengan program ulead video studio sobat bahkan bisa mengatur posisi sesuai dengan letak yang di inginkan.

Baca juga : Cara Detail Membuat Video Menggunakan Windows Movie Maker Windows 7


Disini saya menggunakan program ulead video studio. Program ini sudah di berikan alat untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu layar. sobat bahkan bisa dengan bebas mengatur ukuran panjang dan lebar frame. memiringkan video, meletakkan posisi video,  mengatur urutan video sehingga video bisa kita atur kapan video tersebut akan muncul berdasarkan urutan tertentu. Selain itu ulead video studio ini juga terdapat fitur text dan animasi sehingga sobat bisa menyisipkan text dan menambah animasi di timeline agar sesuai dengan durasi yang sobat inginkan. dan masih banyak lagi fitur program ini yang bisa sobat ekplor sendiri.

Untuk mendownload software ini sobat bisa mencarinya di google karena banyak sekali yang mengshare program Ulead Video Studio ini.

Kunjungi juga : Cara Mengedit Memotong Dan Menggabungkan Video paling Mudah


Tutorial Menggabungkan 2 Atau lebih  Video Ke 1 Tampilan Layar 



  1. Buka program Ulead video studio nya dan pilih "video studio editor"
    cara menggabungkan 2 video dalam 1 layar video

  2. Ini adalah program Ulead video studio pertama kali di buka. pastikan  program berada pada tab "Edit" Klik pada icon folder seperti gambar di bawah ini untuk memasukkan video ke dalam program Ulead video studio.
    cara menggabungkan 2 video dalam 1 tampilan layar

  3. Pilih video yang akan sobat gabungkan menjadi satu layar. disini saya memilih 4 video sekaligus. selanjutnya klik "Open"
    cara membuat banyak video ke dalam 1 tampilan layar

  4. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini sudah ada 4 video yang sudah masuk.
    cara membuat banyak video tampil dalam 1 layar

  5. Arahkan mouse ke bawah, sobat bisa melihat disana  storyboard view masih terpilih silahkan sobat rubah ke "Timeline view"  seperti gambar di bawah ini.
    bagaimana cara agar video banyak  bisa tampil 1 layar frame

  6. Kemudian langkah berikutnya adalah klik pada menu "overlay track manager"
    cara menggabungkan 2 atau 4 video dalam 1 layar video

  7. Cecklist semua overlay track disana. fungsinya adalah untuk menambahkan track timeline. jika jumlah video yang akan sobat gabungkan adalah 2 sobat bisa mencecklist 2, jika ingin menggabungkan 3 video silahkan cecklist 3 dan selanjutnya.
    cara memasukkan  beberapa video ke dalam 1 layar video

  8. Kemudian adalah menarik video yang sudah sobat masukkan tadi ke timeline. lihat gambar di bawah ini.
    trik banyak video agar bisa tampil 1 layar sekaligus

  9. Ketika video sudah dimasukkan ke timeline maka akan muncul di bagian preview (warna hitam) kotak beragaris, kotak bergaris tersebut adalah video yang bisa sobat rubah ukurannya sesuai dengan ukuran yang sobat inginkan.sobat bisa mengukur ukuran panjang dan tinggi video sesuai keinginan.
    cara membuat video terlihat dalam 1 layar sekaligus

  10. Silahkan ulangi langkah pada nomer 9 di atas. Jika sobat ingin membuat 4 video, maka tarik dan letakkan video pada timeline sebanyak 4 video dan silahkan atur letak video sesuai dengan keinginan (bagian preview layar hitam).  Seperti contoh di bawah ini. Disini saya sudah mengukur dan meletakkan masing-masing video berjejeran hingga video yang berjumlah 4 tersebut berbentuk persegi empat. untuk melihat bagaimana hasilnya nanti sobat bisa memutar video tersebut dengan mengklik "play trimed clip"
    cara agar beberapa video bisa tampil dalam 2 layar video

  11. Jika sudah selesai silahkan simpan hasil video dengan cara Klik pada "share" kemudian pilih format video yang sobat inginkan, seperti contoh disini saya memilih "custom"
    cara menggabungkan 2 video dalam 1 layar ulead video studio

  12. Lalu tulis nama video yang sobat inginkan. dan juga pilih format video yang sobat ingikan. lalu klik "save"
    cara menyimpan hasil video di ulead video studio
  13. Selesai 

Tutorial menggabungkan . emngisi beberapa video ke dalam satu layar video di atas masih sangat mendasar sekali sobat masih bisa bereksplorasi sendiri dengan berbagai fitur yang ada seperti menghilangkan suara video, mennambah efek, menghapus bagian video dan lain sebagainya. Terima kasih semoga bermanfaat..