Cara Memberi Tulisan Text / Subtitle pada Video Dengan Movie Maker

Cara memberi text pada video - windows Movie maker adalah software gratis untuk membuat dan mengedit video dasar sangat berguna untuk sobat yang ingin membuat video dari foto, menghilangkan suara / musik di video, menyelipkan tulisan text, menambah visual effect keren, merotate / memiringkan / video, menambah narasi, memperbesar/memperkecil ukuran frame video dan masih banyak lagi. Nah.. tutorial yang saya coba praktekkan ini adalah salah satu dari fiturnya movie maker yaitu bagaimana memberi, menambahkan dan menyisipkan tulisan text video atau film. tulisan yang sobat buat nanti tentu akan membuat video semakin menarik dan "memahamkan" untuk si penonton video.

Baca juga :
Cara Lengkap Menggunakan Aplikasi Movie Maker Windows 8

Salah satu fitur keren yang ada di movie maker ini adalah menyelipkan tulisan text di video dengan di letakkan pada durasi waktu yang sobat inginkan, text bisa bebas di tulis apa saja misalkan saja nama sobat, nama perusahaan sobat, nama blog / situs sobat atau mungkin ingin menulis sebuah subtitle film ataupun nama-nama lain yang mungkin text ini sangat penting untuk di berikan disana. selain itu text ini juga akan membantu menjelaskan sesuatu tentang video yang akan di buat. Dalam memunculkan text ini bisa di sesuaikan maksudnya sobat bisa memunculkan tulisan text ini berdasarkan durasi waktu dan sobat juga bisa memberikan tulisan pada video pada waktu yang sobat inginkan. seperti mengedit text pada umumnya text font, text style, warna text, posisi text, transparansi, okey mari kita buktikan bersama... berikut ini adalah cara membuat tulisan text / subtitle pada video dengan movie maker windows 7 atau windows 8.


Rekomendasi :
Cara Mengedit Memotong Dan Menggabungkan Video paling Mudah
11 Software / Aplikasi Edit Video PC 100% Gratis Terpopuler

Cara Membuat Tulisan Text / subtitle pada Video Dengan Movie Maker 


  1. Bagi sobat pengguna windows 7 atau 8 bisa mendownload dahulu program movie makernya dengan gratis. link ada di bawah gambar. jika sudah di download dan di instal, Buka program movie maker dan buka video yang akan sobat tambahkan text, disini saya mencoba memberikan contoh memberikan text di awal dan di akhir video. 
    cara menambah tulisan text di video


  2. Baca juga : Download Movie Maker Gratis Windows 7 Dan 8

  3. Pastikan sobat berada di home dan silhakan pilih model tulisan yang akan sobat buat, title adalah judul video yang berukuran paling besar sedangkan caption dan credit ini bisa sobat tambahkan untuk melengkapi tulisan video  
    cara menyisipkan tulisan text di video film

  4. Akan muncul sebuah layar hitam yang mana tulisan ini berada di awal video.  
    cara memberi tulisan di video

  5. Klik pada preview video dan buat tulisan text sesuai keinginan sobat. dan atur ke area yang sobat inginkan.
    cara memberi subtitle pada video

  6. Untuk Menambahkan text lagi di video misalkan sobat ingin meletakkan tulisan di akhir video klik title seperti yang sobat lakukan pada langkah nome 2 di atas kemudian tarik tulisan ke area yang sobat inginkan bisa di tengah, dan dimanapun soba kehendaki. 
    cara  edit tulisan video

  7. Disini adalah tempat dimana sobat bisa mensetting seberapa lama text / subtitle muncul di video, sobat bisa mensetting tulisan berdasarkan durasi waktu seperti gambar yang ada di bawah ini. coba sobat klik text yang sobat inginkan kemudian ubah text duration nya menjadi lebih lama sobat bisa melihat tulisan pada video akan muncul sesuai durasi yang telah di atur. demikian juga sobat juga bisa mengatur pada menit atau ke detik berapa tulisan ini akan muncul. caranya bisa melihat dahulu waktu yang ada di bagian bahwa preview video. 
    cara membuat dan memberi tulisan di video
Terima kasih dan selamat mencoba,