Cara Melihat dan Memahami Spesifikasi Laptop / komputer Dg Mudah

Untuk cara melihat spesifikasi laptop maupun spek komputer ini sebenarnya bukan hal yang mudah khususnya bagi seorang yang tidak terbiasa mendengar dengan istilah komputer seperti CPU, RAM, VGA, Starage, Hardisk, dan Operating system. spesifikasi berarti mengetahui hardware dan software yang ada di dalam laptop tersebut. walaupun untuk mengececk spek komputer itu sangat mudah namun yang "sulit" adalah memahami maksud spesifikasi tersebut karena setiap hardware dalam sebuah komputer mempunyai fungsi berbeda untuk itu sobat harus mengetahui fungsi dan kekuatan yang dimiliki oleh hardware tersebut.

Baca juga :  Puluhan Aplikasi Laptop / PC Terbaru yg Buat Windows Makin Keren

Sedikit penjelasan dasar tentang spesifikasi laptop ini semoga bisa memberikan pemahaman untuk sobat pakai seterusnya. Biasanya trik ini dipakai oleh seseorang ketika mereka ingin membeli PC/ komputer spec ini bisa dikatakan sulit di pahami oleh seorang pemula, banyak orang yang awam ketika mereka ingin membeli laptop biasanya mereka takut membeli sendiri mereka akan mengajak teman yang setidaknya sedikit tahu tentang laptop. Spesifikasi tidak hanya cukup mengetahui RAM 4GB, CPU core i3, OS nya windows dan lain sebagainya. namun kita harus tahu kekuatan yang dimilikinya. intinya adalah melihat belum tentu bisa memahami.. begitulah... hehe..

Apa yang dibutuhkan untuk  melihat informasi spesifikasi PC / laptop? dalam hal ini ada 2 cara yang bisa sobat gunakan pertama tanpa menggunakan software yang kedua dengan menggunakan software. sobat bisa memilih cara yang paling sobat suka. jika ingin informasi tentang laptop secara lebih detail dan terperinci saya merekomendasikan menggunakan software.

Baca juga : Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Panas Dan Tiba-tiba Mati

Bagaimana cara melihat Spesifikasi Laptop dg mudah dan cepat


Dengan menggunakan cara ceck spek komputer di bawah ini sobat bisa mengetahui spesifikasi mendasar dengan lebih cepat, namun informasi yang sobat dapatkan masih terbatas alias tidak sedetail menggunakan software.
  1. Klik "start" ketikkan pada kolom pencarian dengan "dxdiag" tanpa tanda kutip kemudian tekan "enter" pada keyboard 
    cara mengetahui spesifikasi laptop

  2. Klik "ok"  

  3. Sobat bisa melihat spesifikasi lengkap laptop/ PC sobat disini adalah system, seperti Operating system, computer name, languange, manufacture, system model,BIOS, processor, RAM dan lain sebagainya 
    cara melihat spesifikasi komputer

  4. Selanjutnya bisa sobat lihat display nya approx total memory dan seterusnya 
    cara melihat spesifikasi laptop tanpa software


Dengan menggunakan software

Bagi sobat yang menginginkan informasi tentang spesifikasi PC / laptop sobat dengan lebih detail sobat bisa menggunakan software bantuan. software ini bisa di download dan di instal dengan gratis.
berikut adalah cara paling mudah melihat spesifikasi komputer sobat.

  1. Download dan instal softwarwe Piriform speccy nya lewat link berikut ini. 

  2. Download Speccy via file hippo
    Download Speccy Gratis via official


  3. Jalankan programnya dna tunggu program mengambil data tentang komputer sobat.
  4. sobat bisa melihat bagian summary adalah ringkasan dari semua spesifikasi
      
  5. Jika ingin lebih detail lagi sobat bisa mengklik satu persatu tab yang ada disana. misalkan ingin mengetahui lebih detail tentang operating system anti virus yang dipakai, pengaturan power profile windows, dna lain sebagainya. 


Cara memahami Spesifikasi Penting Dalam Laptop/ komputer dg mudah


Untuk melihat spesifikasi komputer terbaru berikut adalah element penting yang harus dipahami oleh seorang pemula. jika sobat sudah memahami tentang maksud spesifikasi hardware yang ada di laptop sebaiknya sobat skip saja ya.. hehe.. 

  1. Layar : Ukuran layar laptop standart biasanya berukuran 11 inch.

  2. Operating System : Nah kalo nama yang satu ini tentunya sudah akrap sekali, setiap perangkat latop / Komputer memiliki operating system yang berbeda jika di HP sekarang yang sedang populer adalah operating system android  dan windows phone menggantikan Operating system yang lama yaitu symbian. Misal saja laptop dengan operating system windows yang paling lama yaitu windows XP, kemudian berikutnya Operating system yang lebih tinggi/baru windows 7 lalu windows 8 dan paling mutakhir yaitu windows 10. 

  3. Cara Instal Ulang Windows 7 di Laptop/Komputer dengan Flashdisk Bootable
    Cara Install ulang Windows 10 Pro di Laptop Dengan Flashdisk

  4. CPU : CPU singkatan dari  Central Processing Unit, pusat otak dari semua perintah yang ada di laptop / komputer. CPU bisa di ibaratkan sumber kecerdasan komputer itu sendiri. sedangkan nama-nama CPU ini sangat beragam namun yang paling populer adalah Intel dan AMD. jika sobat ingin mengetahui CPU yang paling baik sobat bisa melihat kemampuan CPU mulai dari urutan CPU paling lama yaitu Intel® Itanium® Processor (misalkan dimulai tahun 2001) kemudian pentium 1 sampai pentium 4, kemudian Intel Core 2 duo, lau ke Core2 Quad sampai sampai pada pentium Core i9, sekarang ini pengguna komputer lebih melirik CPU Intel  Core 2duo, Core2 Squad, Core i3 dan seterusnya dari pada versi lama yaitu intel pentium 4. alasannya tentu semata-mata karena kecepatan yang dihasilkan itu berbeda.

  5. RAM : RAM atau Random Acces Memory  karena sekarang sudah banyak yang memakai HP android yang juga menggunakan istilah RAM rasanya sudah banyak yang memahami dengan istilah RAM ini. RAM ini berfungsi mempercepat pemrosesan data pada komputer ataupun laptop. Semakin besar RAM yang kita miliki, maka akan semakin proses laptop tersebut.untuk saat ini RAM 1 GB bisa dikatakan masih kurang optimal setidaknya untuk mendapatkan performa yang baik dari sebuah Laptop minimal adalah 2 GB RAM. jika di ibaratkan pekerjaan antara CPU dan RAM itu begini : si CPU memberikan perintahdan si RAM ini yang melaksanakan perintah dari CPU keduanya harus saling memiliki kekuatan yang seimbang agar proses eksekusi berjalan cepat. bisa di bayangkan jika CPU cepat tapi pihak RAM lemot dan sebaliknya CPU lambat memberi perintah dan RAM nya cepat tentu saja masih kurang sempurna bukan..

  6. GRAPICH : Keberadaan VGA ini tak kalah penting apalagi di era Game yang sudah berkualitas HD yang membutuhkan keberadaan VGA yang memadai. untuk mengetahui ada VGA atau tidaknya di sebuah laptop biasanya di tandai dengan adanya sticker yang biasanya di tempel di laptop biasanya berupa dengan stiker NVIDIA atau AMD. khusus untuk mengececk VGA sobat bisa menginstal program tech powerUp GPU Z download lewat link ini, install dan lihat nama dan  berapa ukuran VGA yang sobat miliki. 
    cara melihat VGA card di laptop

  7. STORAGE : atau ruang penyimpanan data disebut juga dengan hardsik hardisk ini berfungsi untuk menyimpan data baik itu data system maupun data-data lain seperti video, lagu, gambar dan lain sebagainya. hardisk ini sangat bervariasi pada umumnya laptop standart sudah dibekali hardisk dengan kapasitas 250 GB, sedangkan untuk selebihnya bisa sampai 1 TERA / 1000GB bahkan lebih. 

  8. OPTICAL DRIVE : Sebuah alat yang digunakan untuk membaca data yang ada di piringan CD/ DVD. 

  9. AUDIO  : Sound card kualitas suara yang di hasilkan dari laptop atau komputer.
Kemudian.. terima kasih dan semoga bisa memberi manfaat...