6 Tips Penting Saat Membeli Hp Android Bekas/Second

Sobat tentu sudah mengetahui dengan baik Hanphone yang satu ini. sekarang ini banyak orang-orang sudah tertular demam android. Hampir setiap orang mempunyai HP android baik kelas bawah maupun atas. Maka dari itu akan banyak transaksi HP yang akan terjadi yang satu ingin menjual dan satunya lagi ingin membeli. Banyak dari mereka yang menjual hape mereka karena bosan dan tak sedikit pula mereka yang menjual karena Hp sudah tidak bekerja seperti biasanya (eror) Maka dari itu sebagai seorang pembeli harus tetap waspada karena Hp bekas rentan dengan kerusakan. Nah untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan sobat bisa membaca beberapa tips penting yang harus sobat lakukan sebelum memutuskan untuk membeli hp bekas diharapkan agar sobat tidak kecewa setelah membelinya. luangkan waktu untuk mengececk dan mengececk lagi kondisi hanpohe sampai benar-benar Hp sudah benar-benar bagus dan layak untuk di gunakan. sekarang sedang marak transaksi jual beli lewat sosial media seperti facebook, instagram, BBM dan lain sebagainya yang menggunakan sistem transaksi COD sehingga antara pembeli dan penjual tidak pernah mengenal sebelumnya. ini tentu harus di sikapi dengan hati-hati.

Baca Juga : Cara Daftar Membuat Akun Instagram Android

tips membeli hp bekas second


Tips Penting yang dilakukan Membeli Hp Second / Bekas 

  1. Sabar : Dalam Ilmu psikologi seseorang yang menyukai sesuatu biasanya mereka akan gelap mata tidak sabar dan tidak memperdulikan hal-hal yang seharusnya dilakukan. mereka ingin segera memiliki barang sehingga tak jarang mereka kecewa setelah mereka membelinya. Sabar disini adalah bersabar dengan memberi waktu kepada sobat agar mengeck terlebih dahulu hp android yang akan sobat beli. 
  2. Spec : cek apakah spec yang di handphone sama dengan apa yang penjual katakan.
  3. Ceck kondisi hape : . yang perlu sobat ceck kondisi sebagai berikut ini. 
    1. Ceck Kondisi Luar HP :  Apakah masih bagus atau sudah pernah di bongkar ini bisa diketahui dari kondisi baut hp yang sudah tergores karena pernah di buka dengan obeng atau segel sudah rusak.
    2. Speaker : Apakah masih bisa bersuara keras dan normal coba pakai buat memutar mp3, atau video. dan lakukan panggilan ke operator untuk mengececk speaker Hp bagian dalam.
    3. Tombol keyboard HP tak terkecuali tombol volume : Apakah ada yang tidak berfungsi
    4. Konektifitas Handphone : Misal jaringan GSM apakah sinyal lemah atau tidak, bluetooth, Wifi apakah semuanya normal coba pakai buat nelpon, internet.
    5. Kamera : Apakah masih bisa dibuat untuk merekam video atau mengambil foto
    6. Charger apakah masih bisa connect casnya.
    7. Headsheat nya apakah mash bisa terdengar dari perangkat headseat nya
    8. Baterei : apakah ngedrop coba buat caling / internetan apakah batere berkurang dengan cepat.
    9. Microphone : Utuk mengececk apakah normal atau tidak sobat bisa mencobanya untuk merekam suara. 
    10. Getar ; Coba ceck apakah ada getaran atau tidak saat ada panggilan SMS, atau telpon
    11. Layar : Silahkan amati layar apakah masih jernih, normal kadang LCd sering terdapat garis karena jatuh, kadang ada spot putih di bagian pinggir, dan kadang juga ada titik titik putih di area layar. 
    12. Kelengkapan Hp : bisa berupa Charger, Earphone, Box, Mungkin juga Buku garansi dan kabel data.  kelengkapan Hp ini sangat berpengaruh terhadap harga penjualan jadi harap jangan lupakan hal ini.
    13. Dan lain-lain.
  4. Mengajak seseorang yang tahu Seluk Beluk Hanphone : Jika sobat mempunyai teman yang tahu tentang Hp bisa ajak dia. ini adalah jalan terbaik jika sobat tidak tahu menau tentang hp. Namun jika tidak tahu sobat bisa mengececk sendiri kondisi hape seperti yang sudah di tuliskan disini. 
  5. Harga : Sobat perlu curiga jika penjual menawarkan harga yang jauh dari harga pasaran. curiga disini adalah untuk menghindari dari hal hal yang akan mengecewakan sobat di lain hari. karena dengan curiga sobat bisa lebih waspada terhadap hal-hal yang tidak di inginkan.
  6. Ceck Sandi Hp : Hal ini kadang sering di lupakan oleh pembeli hp, jika HP tersetting sandi tentu akan merepotkan.  tanyakan kepada penjual apakah Hp di setting password atau tidak.

Semoga tips membeli Handphone second di atas bisa memberikan manfaat untuk semua. Terimakasih