Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual

Cara Mengedit Template Blog Dengan Instan Dan Manual - Coba blogger mana yang tidak ingin blognya terlihat rapi dan keren, blog yang terlihat rapi biasanya menunjukkan karakter si empunya blog tersebut coba kalau blog terlihat awut-awutan dan nggak karuan tentunya pengunjung akan mengira yang tidak-tidak bukaannya pengunjung dapat informasi yang menarik justru malah pusing. dalam hal membuat blog tentu sobat harus tahu bagaimana mengelolanya semakin mahir akan semakin terlihat professional blog tersebut.  Nah.. dalam mengedit blog tentu masih ada  hubungannya dengan mengelola blog karena mengedit blog itu sendiri adalah bagian dari mengelola blog. jadi memang sangat penting untuk di perhatikan.

Kembali membahas cara mengedit blog itu sangat berbeda jauh dengan mengedit video ..ya iya lah.. he..he.. mengedit blog di blogger itu bisa jauh lebih  mudah dengan adanya fitur nya blogger karena blogger mempermudah penggunanya dalam menggelola template blog mereka. disini saya akan mengshare khsusus untuk pemula bagaimana cara mengedit blog dengan tujuan agar blognya terlihat lebih bagus dan lebih  keren.

Cara Mengedit Blog Dengan Instant

Mengedit Blog dengan mengganti Template  Mengganti template adalah cara tercepat merubah tampilan blog menjadi baru. meskipun begitu biasanya blogger tidak puas dengan template yang habis di ganti, mereka biasanya akan merubah beberapa tampilan lainnya seperti widget, ukuran header, mengganti backgound, ukuran sidebar, bentuk font, dan lain sebagainya. jika sobat ingin melihat beberapa koleksi template keren menurut versi saya silahkan lihat ke delapan template gratis dan keren disini.

Cara mengedit Blog dengan Semi Manual


"Cara Edit Blog Manual" mungkin istilah ini terdengar aneh. nggak apa-apa deh yang penting paham.. he..he.. Cara manual ini biasanya dilakukan oleh para professional mereka bisa membuat template tanpa meniru atau mengcopy template orang lain. mereka bisa menciptakan template sendiri setelah selesai membuat blog lalu mengedit satu demi sampai selesai. mulai dari membuat dan mengupload script, membuat gambar sendiri, membuat kode HTML sendiri dan meletakkan kode tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.  maka dari itu cara ini saya sendiri jarang melakukannya karena selain membutuhkan waktu yang lama cara menual ini menguras pikiran. jadi kalau pikiran sedang galau besar kemungkinan template nya juga jadi ikutan galau... he.he.. Cara manual disini berarti sobat harus belajar tentang coding HTML untuk mengetahui code yang njlimet ini tentu di butuhkan waktu dan kesabaran karena salah sedikit dalam mengedit maka besar kemungkinan blog akan terlihat acak acakan bahkan malah tidak bisa di simpan sama sekali. namun jika bisa menguasai HTML tentu saja sobat bisa membuat model dan bentuk template apapun sesuai dengan imajenasi.

Jadi kalau menurut saya pribadi untuk menghemat waktu dan pikiran mendingan pakai cara "semi manual" saja  istilah aneh apalagi ini... maksudnya adalah sobat cari template dulu yang bagus lalu (bisa di btemplate.com, mybloggertheme, soratemplate.com, dan lain-lain) tinggal di utak utik sedikit saja yang penting tampilannya sudah beda dari yang lain contoh nya seperti mengganti ukuran sidebar, meletakkan dan menambah kolom di blog, mengganti model font, menambah / mengganti menu, jadi tidak perlu menguasai HTML dan membuat script sendiri. dalam mengedit template sobat bisa mencari tips triknya di google ya.. dan bawah ini saya akan sedikit memberikan contoh dasar dalam mengedit template dan cara ini tentu bisa sobat ekplorasi sendiri

Contoh Mengedit Blog Dengan mengganti ukuran gambar Homepage


Misalkan saja sobat sudah mengganti template namun ada sesuatu yang masih mengganjal dan ingin merubah sesuai keinginan. ambil saja contohnya disini adalah saya ingin merubah ukuran thumbnail / gambar yang ada di homepage.
  1. Disini saya memakai browser mozilla. 
  2. Arahkan pointer mouse pada area template yang sobat ingin rubah, misal disini adalah thumbnail yang ada di homepage. klik area gambar tersebut dan klik kanan pada mouse dan pilih "inspect element", nanti akan muncul kode di bawahnya (mozilla).
    cara mengedit blog
     
  3. Setelah muncul kode yang ada di bawah, saya mencoba mencari kode gambar mana yang benar, akhirnya ketemu, caranya adalah ketika saya cari-cari dan klik (bagian area nomer 2) letak garis warna biru nya tepat berada di gambar yang saya inginkan (bagian area nomer 1) sedangkan kode rules menunjukkan ukuran gambar tersebut. (bagian area nomer 3).  nah sobat bisa lihat di bagian area gambar nomer 3 ini adalah kode yang akan sobat rubah. silahkan kode warna biru pada bagian area nomer 3 sobat copy
    bagaimana cara mengedit blog
     
  4. Di rules ada kode warna biru . seperti yang sobat lihat kode yang berwarna biru di bagian rules adalah .post-thumbnail . 
    cara mengedit template blog
     
  5. langkah selanjutnya masuk ke akun blogger blog yang sobat ingin edit tadi - Pilih TEMPLATE lalu EDIT HTML
    cara mengedit tampilan blog
     
  6. Kemudian langkah berikutnya mencari kode .post-thumbnail  caranya silahkan tekan tombol CTRL + F pada keyboard sobat maka akan muncul kolom pencarian pastekan kodenya di kolom search nya lalu tekan ENTER. maka kode akan muncul di seperti gambar yang sobat lihat di bawah ini.
    cara edit template blog
     
  7. Lakukan perubahan kode misalkan mengganti ukuran lebar dan tinggi menjadi lebih besar dan lebih kecil misalkan saja disana ada kode  { width:80px; height:80px; float:left; margin:0px 10px 0px 0px; padding: 5px; border: 1px solid #ccc; } jadi tinggal merubah ukurannya misalkan saja menjadi 90px atau 50px terserah sobat.
  8. Preview template untuk melihat perubahannnya jika dirasa sudah pas silahkan save template.
setelah sobat tahu tentang bagaimana mengedit blog ada baiknya sobat baca juga tentang cara
Mempercantik Tampilan Blog saya rasa ini hal yang paling mendasar seorang blogger memiliki tampilan blog yang unik, menarik, rapi, dan profesional. untuk lebih jauh tentang tampilan blog yang cantik ini sobat bisa membaca artikel tentang cara mempercantik tampilan blog. karena mungkin disana ada referensi langkah apa saja yang sobat lakukan untuk menjadikan blog milik sobat terlihat cantik

Sebenarnya tutorial mengedit template ini masih jauh dari sempurna masih banyak tentang template yang harus dipelajari tutorial di atas adalah contoh kecil yang harus sobat kembangkan lagi namun karena terbatasnya waktu dan halaman ini baiknya saya lanjutkan pada hari selanjutnya. terima kasih dan semoga berguna bagi semua.