Cara Membuat Video Slideshow dari Foto dg Musik Hanya 5 Menit

Cara Membuat Video Slideshow  dari Foto - Video slideshow ini masih banyak di gunakan oleh para vlogger ataupun youtuber untuk mengisi konten di akun youtube mereka. Konten video slideshow merupakan salah satu cara termudah mengisi channel youtube karena yang sobat lakukan dalam proses pembuatan video ini adalah menggabungkan dan menyatukan banyak foto atau gambar menjadi satu bagian dengan format video.

Video slideshow ini mula-mula nya adalah kumpulan foto / gambar yang kemudian di "proses" menggunakan aplikasi tertentu hingga menjadi sebuah video. Video slideshow dari foto ini memang banyak sekali di gunakan untuk keperluan presentasi ataupun keperluan kantor lainnya.  Namun saat ini banyak di gunakan untuk berbagai macam keperluan pribadi seperti membuat video album foto kenangan, update status di sosial media seperti video instagram, video facebook ataupun whatsapp dan lain sebagainya.

Membuat video dari foto ini tak hanya bisa dilakukan oleh komputer atau laptop saja namun saat ini smartphone baik itu smartphone android ataupun smartphone dengan OS iOS sudah banyak aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat video dari foto dengan efek-efek yang keren dan canggih.

Lihat juga :
Cara Membuat Video Dari Foto di Hp Android (Full Musik, Teks, Efek Keren)
14 Aplikasi Edit / Pembuat Video HP Android Terbaik Gratis Terbaru

Untuk membuat video slideshow ini, ada dua metode yang bisa sobat lakukan yaitu dengan online ataupun dengan offline. Untuk versi offline sendiri terdapat banyak aplikasi pembuat video termudah yang bisa sobat gunakan, salah satunya adalah Freemake video converter dimana aplikasi ini selain berfungsi sebagai slideshow maker juga dikenal sebagai aplikasi edit video dan aplikasi video converter terbaik dan powerful.

Jadi.. ketika sobat menginstal software freemake video converter ini sobat akan mendapatkan sebuah alat yang multifungsi yaitu bisa membuat video slideshow, mengubah format video, memotong video,  Edit video, menggabungkan subtitle video dan lain sebagainya.

Lihat juga : 
14 Software / Aplikasi Edit Video Gratis Terbaik Terbaru 2019
Cara Membuat Video Di Flashdisk Bisa Di Putar di CD/DVD Player


Saya pikir aplikasi pembuat video slideshow ini sangatlah cocok untuk seorang pemula yang ingin mendapatkan hasil lebih cepat dan juga mudah di kerjakan. Jika sobat mau berlatih sedikit saja sobat pastinya bisa membuat video slideshow keren ini kurang lebih 5 menit walaupun belum pernah mengedit / membuat video sebelumnya.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa software ini juga mampu mengubah format video sehingga ketika sobat membuat video slideshow sobat bisa bebas menentukan format apakah yang ingin sobat dapatkan mulai dari format video Mp4, 3GP, MKV, FLV, AVI, WMV, MPG dan masih banyak lagi.

Meskipun Freemake Video Converter ini gratis, namun ada beberapa fitur yang tak kalah menarik seperti menambahkan lagu pada video, bisa mengatur dan mengurutkan gambar mana yang  didahulukan dan mana yang akan di akhirkan, sudah di bekali dengan efek keren, dan mengatur kecepatan interval (pergantian gambar) sesuai selera dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti panduan cara menciptakan video dari gambar berikut ini.

Cara Membuat Video Slideshow dari Foto Dengan menambahkan Musik Di dalamnya


Sebenarnya banyak sekali software yang bisa sobat gunakan untuk membuat video slideshow namun saya tertarik dengan software ini selain pogram ini gratis program ini juga memiliki tampilan yang bagus. Selain itu, cara memakainya pun sangat terbilang sangat mudah. Semoga sobat juga suka setelah mencobanya.. hehe..






  1. Silahkan download program slideshow nya  disini  (rekomended / tidak ada watermark) atau download direct link via Official disini  (versi terbaru sudah ada watermark)  jika sudah selesai silahkan install seperti biasa sobat menginstall program di PC sobat. Beginilah tampilan program Freemaker video converter terbaru 2018. 
    cara membuat video
  2. Jalankan program freemake video converter nya dan awali pertama kali dengan mengklik "Foto" untuk mengambil gambar dari komputer yang telah disiapkan. 
    cara membuat video foto
     
  3. Disini waktunya mengambil dan memilih Pilihan foto dari komputer/laptop yang telah sobat sediakan untuk dijadikan video, untuk menseleksi pilihan yang di inginkan, sobat bisa dengan menekan tombol CTRL + klik mouse gambar yang di inginkan.  lalu klik "open"





  4. Jika ingin menambah musik atau lagu di video sobat bisa memilih  "add audio
    cara membuat video dari foto

  5. Pilih musik lagu mp3 yang sobat inginkan dengan klik "open
    Cara Membuat Video Slideshow

  6. Sebenarnya disini sudah selesai, namun hasinya masih kurang sempurna sobat bisa mengedit misalkan untuk mengurutkan gambar, mengedit jeda waktu, menambah lagi gambar yang mungkin kurang dan ingin menambah lagi yang lainnya.

  7. silahkan di edit lagi menurut keterangan gambar yang saya berikan di bawah ini 


  8. Keterangan gambar di atas adalah sebagai berikut :

    1. (1). Efek panorama atau normal
    2. (2). Klik untuk mengedit video slideshow
    3. (3). Untuk interval / kecepatan pergantian gambar
    4. (4). Untuk mengedit audio  /mp3
    5. (5). Menambah gambar lagi
    6. (6). Menghapus gambar dari slideshow
    7. (7). Untuk pilihan mensuffle / mengacak
    8. (8). Jika ingin menampilkan gambar secara manual misal gambar a ada di urutan pertama kemudian gambar b urutan ke 5 sedang gambar d urutan ke 4 dan lain sebagainya.
    9. (9). Klik jika sudah selesai mengedit. 


  9. Sampai tahap ini sobat bisa memilih format video mana yang sobat inginkan misalkan disini saya ingin membuat agar video tersebut bisa di putar di android maka saya memilih android lalu memilih ukuran lebar panjang videonya sesuai android yang saya pakai misal 230x240.
    cara membuat video sendiri
     

  10. Yang terakhir adalah settingan yang mungkin bisa sobat optimalkan untuk hasil yang lebih baik misalkan bisa mengedit kualitas audio pada nomer 1, dan   juga untuk mengetahui video forlder output (hasil video yang sudah selesai di proses ada pada gambar 2. jika sudah selesai adalah convert klik nomer 3
       

  11. Video Sudah Selsai di buat 
    cara membuat video dari foto dengan musik atau lagu mp3

Cara membuat video slideshow dari gambar full musik dengan program gratis movie maker 


Jika sobat ingin membuat video slideshow lebih bagus dari freemake di atas, ada rekomendasi aplikasi pembuat video slidewhow yaitu Movie Maker. Dengan movie maker sobat bisa membuat beragam efek dan transisi lebih banyak dan lebih unik. Pada program movie maker ini, sobat bisa lebih bebas meletakkan musik memilih efek pada setiap gambar yang sobat inginkan.


Namun sebelum sobat mencoba membuat video dengan aplikasi ini, sobat bisa membaca postingan tentang aplikasi movie maker di bawah ini. khususnya bagi sobat yang sebelumnya belum pernah menggunakan movie maker.

Baca ini :
( Tutorial Movie Maker )Cara Menggunakan Movie Maker di Windows 8
Cara Membuat Video Menggunakan Movie Maker di Windows 7 ( Lengkap )
Download Movie Maker Windows 7 Dan 8 Gratis Terbaru






  1. Silahkan buka program pembuat video movie maker terlebih dahulu. Kemudian masukkan foto-foto yang sudah sobat pilih ke dalam timeline movie maker. Caranya bisa dengan drag dan drop ke area timeline atau sobat juga bisa memasukkan foto dengan mengklik "click here to browse foto and videos" kemudian pilih foto yang ada di komputer sobat.  
    memasukkan foto  ke movie maker


  2. Jika sobat lihat pada pertama kali foto dan video sudah berada pada timeline movie maker, terlihat garis hitam seperti pada gambar nomer 1 di bawah ini. Garis hitam tersebut akan mempermudah sobat meletakkan animasi ataupun efek sesuai waktu yang sobat inginkan. Jika sobat ingin membuat judul video sobat bisa pastikan garis hitam (no1) berada pada awal video kemudian pilih "Title". Jika sobat ingin meletakkan teks dimanapun sobat mau bisa dengan cara menggeser garis hitam tersebut kemudian silahkan tambahkan musik/efek/narasi dan lain sebagainya. 
    menambahkan judul video ke movie maker
     


  3. Dan misalkan sobat ingin menambahkan animasi pada setiap gambar yang akan tampil, sobat silahkan klik pada gambar yang ingin di tambahkan animasi, kemudian klik menu "animasi" kemudian pilih beragam animasi atau pan zoom yang ada di sebelahnya.
    cara menambahkan transisi dan efek  ke video


  4. Selanjutnya sobat bisa menambahkan musik atau narasi pada video. Disini adalah bagaimana caranya sobat menambahkan narasi atau musik ke dalam setiap foto ataupun ke semua foto yang bisa di tambahkan dari file yang ada di laptop ataupun komputer ataupun dari download secara online. Add musik untuk menambahkan musik dan juga record narration jika sobat ingin merekam suara sobat sendiri pada setiap foto pada video.
    cara menambahkan lagu narasi ke video movie maker






  5. Langkah berikutnya ketika sobat sudah selesai membuat video slideshow adalah menyimpan video tersebut menjadi format Mp4. Silahkan lakukan proses penyimpanan video ini dengan cara "save movie" kemudian pilih ukuran video yang sobat inginkan.
    cara menyimpan video menjadi mp4


  6. Tunggu proses rendering video jika nanti rendering selesai sobat bisa memainkan video tersebut dengan memilih tombol "play"  
    proses rendering video movie maker



Untuk hasil yang terbaik sobat bisa bereksplorasi sendiri fitur-fitur di sana, namun untuk hasil yang standar saya rasa sobat bisa Cara membuat video dari foto  dengan lagu, apalagi jika sobat sudah terbiasa tentu akan lebih cepat lagi dan lebih bagus lagi. selamat mencoba semoga sukses. dan fotonya jadi tambah keren.