Cara Membuat Video Di Flashdisk Bisa Di Putar di CD/DVD Player

Bagaimana cara membuat agar video di flasdisk bisa di putar di DVD player tanpa ada masalah. Bagaimana memainkan video yang ada di flasdisk atau Memory card menggunakan DVDplayer? tanpa muncul "format video tidak didukung". Ya.. mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang saat ini membuat sobat bingung. Saya yakin setelah membaca artikel ini sobat sudah tidak bingung lagi. yakin 99% hehe..

Sekarang ini memang banyak yang masih memutar video memakai VCD/DVD player (burning video ke DVD).  Namun tidak sedikit juga yang berpindah menggunakan flashdisk / removable disk dengan beragam alasan tentunya.

Jika mereka tahu, tentu banyak dari mereka akan lebih memilih flashdisk ketimbang DVD. Flashdisk ini bisa berupa removable disk lainnya seperti memory card, Hardisk portable atau media penyimpan data lainnya.

Alasan memilih flashdisk ini tentu beranekaragam namun yang paling populer adalah flasdisk bisa di hapus dan di isi lagi. Selain itu membuat video di flasdisk ini lebih sedikit mengalami masalah ketimbang dengan piringan DVD yang mudah lecet dan tergores. Dan mungkin sobat punya alasan tersendiri..

Bagi sobat yang baru pertama kali membuat video tentu saja masih bingung bagaimana cara agar video yang ada di flashdisk bisa di putar di perangkat DVDplayer. Misalkan sobat ingin membuat koleksi video clip yang sobat dapatkan dari youtube kemudian ingin video youtube tersebut bisa di putar di peralatan DVD player menggunakan flasdisk tersebut.

Sebenarnya hal itu bisa sobat lakukan dengan tanpa harus mengubah format secara offline sobat bisa melakukannya dengan mengubah format secara online. Sobat bisa membaca artikel yang pernah saya buat yaitu tentang bagaimana mendownload video yang ada di internet yang sudah support pada perangkat DVD atau sekali download langsung bisa di copy ke flasdisk dan di putar di DVDplayer milik sobat.

Lihat : Cara Download Video dari Internet Langsung Bisa di Putar di DVDplayer

Sekarang masalahnya adalah bagaimana jika sobat ingin mengoleksi video yang bukan hasil download? misalkan saja sobat memiliki video di laptop / smartphone kemudian sobat ingin mengcopy video tersebut ke flashdisk dan memutarnya di DVD player?

Jika sobat langsung copy paste video yang ada di laptop atau smartphone ke flashdisk tanpa mengubah formatnya terlebih dahulu terkadang video tersebut akan mengalami masalah yang biasanya muncul karena alasan format video yang tidak di dukung.

Oleh karena itulah sobat harus mengubah format video agar video tersebut bisa di putar di DVD player. Nah, bagaimana cara mengubah video tersebut.. mari kita coba lanjutkan..

Baca juga :
Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
14 Software / Aplikasi Edit Video 100% Gratis Terbaik Terbaru 2019





Tips  bagaimana membuat (mengubah format ) video Di Flashdisk Agar Bisa Di Putar di CD/DVD Player

Video yang sobat jadikan bahan adalah ini bisa berupa video yang saya download dari youtube.com  atau video yang sudah ada di smartphone atau di laptop / pc yang biasanya video tersebut berformat FLV atau MP4. Terkadang video tersebut bisa di putar di DVD player tapi kebanyakan video tersebut tidak support di mainkan di DVD player. untuk itu sobat bisa mengikuti panduan berikut ini.

Tips kali ini adalah membuat video di flashdisk dengan menggunakan PC / laptop. Untuk sobat yang ingin menggunakan smartphone silahkan lihat cara membuatnya pada artikel yang pernah saya tulis di bawah ini. Sobat tinggal mengubah format video menjadi MPEG seperti yang saya lakukan menggunakan laptop di bawah ini.

Lihat : Cara merubah Format Video / Audio mp3 Dengan Aplikasi Android


Okey siapkan laptop / komputer sobat dan mari kita lanjutkan..

  1. Kita Butuh Perangkat Komputer yang sudah terinstall dengan program Converter Video yang handal. programnya sangat banyak sekali sobat bisa mencoba salah satu yang terbaik adalah Free make video converter Silahkan download programnya DISINI ukurannya kurang lebih 30 MB   program ini 100% gratis. 

  2. Setelah programnya terinstall  masukkan video target yang akan sobat rubah , caranya bisa langsung drag video ke bagian tengah program freemake nya. 
    Membuat Video Di Flashdisk

  3. Kemudian silahkan Pilih sesuai dengan gambar di bawah ini 
    cara video bisa di putar di DVD player
    Cara memakai Sesuai Keterangan gambar :
    1. Pilih to MPEG
    2. Pilih Kualitas nya misalkan disini saya memilih DVD Quality
    3. Tempat Folder hasil video yang sudah selesai di proses 
    4. Klik untuk pengaturan lebih lanjut misalkan mengganti nama video atau menu yang lain.
    5. Jika sudah selesai silahkan klik convert untuk memulai proses





  4. Tunggu prosesnya hingga selesai 
    cara membuat video youtube di flashdisk bisa di putar di DVD player

  5. Jika sudah selesai sobat bisa melihatnya di output folder  lihat di cara nomer 3 pada keterangan nomer 3 disanalah video yang sudah selesai di proses.
    tips convert video di flashdisk untuk DVD VCD

  6. Selanjutnya tinggal sobat copy video yang sudah selesai di convert tadi ke flasdisk sobat. Kemudian silahkan colokkan flashdisk ke DVDplayer. Biasanya video akan otomatis berputar berdasarkan urutan angka / abjad. 
Tips : 
Sobat bisa menambahkan angka pada nama video-video tersebut agar nantinya video tersebut bisa berputar dengan berurutan sesuai dengan keinginan sobat.

Sekian dulu tutorial cara membuat video agar bisa diputar di DVD semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang sedang membutuhkan.

Bagi yang mungkin ingin mencoba beberapa alternatif software lainnya mungkin bisa mencoba format factory, atau jika ingin merubah format selain yang saya tuturkan disini sobat bisa melihat cara merubah format video menjadi format apa saja :

Baca : Cara Mengubah / Convert Format Video Menjadi Format Apa Saja 

disana ada cara untuk merubah berbagai macam format yang umum di gunakan seperti android, blackberry, DVD, dan lainnya . selamat mencoba