11 Cara Ampuh Meningkatkan / Memperkuat Sinyal WIFI Rumah

Sudah pasang WiFi, koneksi terkadang masih lemot, atau bahkan terjadi trouble selama berjam-jam. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan. jangan sampai hal tersebut sobat diamkan begitu saja, Beberapa hal tentang cara meningkatkan sinyal wifi di bawah ini mungkin saja adalah solusi dari masalah sinyal wifi yang ada di rumah sobat selama ini.

Apabila sobat ingin meningkatkan kemampuan WIFI di rumah sobat, maka artikel ini saya harap bisa membantu sobat. Namun perlu diingat, apabila koneksi internetnya yang kurang bagus, maka tips yang saya sampaikan ini tidak akan banyak membantu.

cara meningkatkan wifi rumah


Kita tahu bahwa WIFI sobat dilengkapi dengan router nirkabel dari ISP, sebagian besar jaringan WiFi biasanya cukup efisien. Untuk penyiapan di rumah, router berkualitas biasanya lebih dari cukup untuk menjalankan jaringan yang layak.

Bagaimanapun, bahkan tetangga dekat sobat biasanya dapat melihat jaringan nirkabel sobat. Tentu saja, ada beberapa pengecualian.

Jika sobat tinggal di rumah yang sangat besar atau ISP sobat memasang router sobat di lokasi yang aneh seperti lemari sobat, sinyal WiFi sobat mungkin tidak sampai ke setiap bagian rumah secara memadai. Ketika akses ke media streaming, sinyal WiFi lemah menghasilkan lag yang ekstrem dan video berombak.


Lihat juga : 
Cara Terbaru Download Lagu / Mp3 Gratis Dari Internet dengan Mudah
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)


Cara Ampuh Meningkatkan Sinyal WIFI / trik menguatkan sinyal wifi di rumah

Beruntung, ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk membantu meningkatkan kekuatan sinyal WiFi atau menambah kecepatan Wifi yang lemah. Berikut adalah beberapa rekomendasi utama saya untuk memperbaiki WiFi lemah.

Baca juga : 
Cara Cepat Membuat Jaringan WiFi di Laptop Dengan Mudah
Cara Membuat HP android Menjadi Wifi-Hotspot Untuk Berbagi Kuota Internet

Perhatikan bahwa artikel ini berfokus pada WiFi secara khusus dan bukan pada koneksi Internet sobat.  Jika koneksi internet sobat lambat, lihat artikel saya yang membahas tentang banyak cara sobat dapat meningkatkan kecepatan Internet sobat . berikut adalah cara ampuh meningkatkan sinyal Wifi.

  1. GUNAKAN PROTOKOL WIFI TERBARU.
    Wireless AC sudah cukup banyak menjadi standar, namun jika sobat belum mengupgrade ke router Wireless AC dan masih menggunakan Wireless G atau N, sobat mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan upgrade.

    Wireless AC telah terbukti menjadi teknologi yang jauh lebih mampu yang tidak hanya menghasilkan rentang WiFi yang lebih besar, namun juga kekuatan sinyal yang semakin baik dan konsisten.

    Tentu saja, router Wireless AC akan paling efisien dengan perangkat Wireless AC. Jika sobat menggunakan perangkat baru dengan kartu nirkabel built-in, seperti laptop, silahkan periksa protokol nirkabel yang didukungnya.

    Ini juga perlu dicatat bahwa setelah AC, akan ada AD, AH, AJ, AX dan sebagainya. sobat tidak harus selalu menggunakan protokol terbaru, tapi sobat juga tidak ingin beberapa protokol dibelakang. Wireless N dan AC juga mendukung MIMO, yang memungkinkan beberapa antena. 

  2. DAPATKAN DUAL-BAND ROUTER 
    Sobat mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa router menawarkan fitur yang disebut dual band. Ini berarti mendukung jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz. Jadi apa bedanya? 5 GHz memungkinkan kecepatan jauh lebih besar dari 2,4 GHz, namun lebih jauh dari jarak yang lebih pendek.

    Router dual band bisa sangat membantu karena sobat akan mendapatkan kecepatan lebih cepat saat sobat mendekati router, namun sobat dapat beralih ke jaringan 2,4 GHz saat sobat berada jauh sejak sinyal 2,4 GHz dapat berjalan lebih jauh dan menembus lebih banyak dinding. Sayangnya, sebagian besar sobat harus beralih secara manual di antara kedua jaringan ini. 

  3. MENGHUBUNGI ISP SOBAT
    Karena kebanyakan orang menggunakan router default yang diberikan kepada mereka oleh ISP mereka, ada baiknya sobat memastikan bahwa sobat memiliki yang terbaik yang mereka tawarkan.

    Sebagian besar ISP akan memasang router yang lebih murah dengan kecepatan kurang dan fitur lebih sedikit dan kemudian mencoba membuat sobat meng-upgrade nantinya. Jika sobat mendapatkan layanan terhubung, sobat biasanya dapat membuat mereka memberi sobat router terbaik sebelum sobat masuk dengan mereka.

    Jika sobat sudah menjadi pelanggan, sobat selalu dapat mencoba untuk mengancam untuk pergi. Sayangnya, untuk mendapatkan router yang lebih baik, biasanya sobat harus membayar biaya bulanan atau membelinya di muka.

    Namun, jika sobat membeli router dimuka, jangan pernah membelinya dari ISP. Alih-alih pergi ke Amazon atau eBay dan membelinya dari sana. sobat bisa memanggil teknisi untuk datang dan memasang router, jika sobat merasa tidak nyaman melakukannya sendiri.

  4. GUNAKAN CABLE SIGNAL BOOSTER
    Jika sobat memiliki internet kabel, beberapa faktor dapat memainkan kekuatan sinyal kabel sebenarnya dari perusahaan kabel ke rumah sobat. Jika sobat tinggal di lingkungan yang sibuk dengan banyak rumah tangga, kekuatan kabel sebenarnya yang diterima di rumah sobat mungkin tidak optimal. 
    cara meningkatkan wifi rumah dengan kabel signal booster


    Selain ini, hal-hal seperti splitter yang memungkinkan saluran kabel di setiap ruangan cenderung melemahkan sinyal, dan semakin banyak splitter yang sobat miliki, semakin lemah sinyal yang akan terjadi.

    Penguat sinyal kabel dapat membantu jaringan WiFi di rumah sobat menjadi sinyal terbaik dengan bertindak sebagai penguat. Pada dasarnya, perangkat ini terlihat dan bekerja seperti splitter koaksial biasa. Namun, mereka direkayasa untuk mendistribusikan sinyal kabel dengan cara yang paling efisien. Penguat sinyal kabel juga akan meningkatkan kekuatan sinyal ke televisi sobat.

  5. OPTIMALKAN ROUTER & UPDATE FIRMWARE
    Yang satu ini cukup banyak diberikan, tapi selalu yang terbaik adalah memiliki firmware terbaru untuk perute nirkabel sobat. Seiring perubahan teknologi, update firmware dibutuhkan agar router tetap berjalan pada kinerja puncak. sobat juga harus men-tweak pengaturan pada router sobat untuk output maksimum. 
    cara memperkuat sinyal wifi rumah dengan update firmware


    Misalnya, jika sobat mengalami banyak gangguan, sobat mungkin ingin mengganti saluran. Sebagian besar waktu disetel ke Auto, tapi terkadang perlu di konfigurasi secara manual. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan manual pengguna router untuk tip firmware dan pengaturan. 

  6. PENGATURAN NIRKABEL
    Re-posisi Router Untuk cakupan WiFi terbaik, router nirkabel harus ditempatkan di lokasi sentral di dalam rumah. Juga harus diposisikan tidak terlalu dekat dengan lantai, tapi juga tidak terlalu dekat dengan plafon.
    cara menambah kecepatan sinyal wifi rumah mengatur nirkabell


    Sinyal WiFi berjalan dalam pola lateral, dan sebagian besar waktu, perangkat WiFi, seperti laptop digunakan pada titik tengah di dalam rumah.

    Misalnya, sobat biasanya duduk di sofa saat menggunakan laptop; sobat tidak berbaring di lantai (sebagian besar waktu), dan sobat tidak berdiri di atas tangga. 

  7. GUNAKAN MULTI ROUTER NETWORK SET UP
    Semua metode yang disebutkan di atas masih tidak akan membantu sobat jika sobat tinggal di rumah yang sangat besar dan jaraknya terlalu besar, bahkan untuk protokol nirkabel terbaru dengan teknologi MIMO.

    Dalam kasus seperti ini, sobat mungkin perlu menyiapkan router kedua.  Ini bisa datang dalam bentuk extender nirkabel / repeater, jembatan nirkabel, atau hanya router nirkabel kedua. Saya telah menulis tentang membuat jaringan kedua yang terpisah menggunakan router nirkabel kedua , namun sobat juga dapat menambahkan router kedua ke jaringan yang sama.

    Misalnya, jika sobat memiliki Verizon FIOS, sobat dapat membeli router lain yang identik dan mengkonfigurasinya sebagai jembatan LAN MoCA. sobat dapat mengkonfigurasi router kedua dengan SSID dan kata kunci nirkabel yang sama, sehingga perangkat akan terhubung ke router mana yang lebih dekat. 

  8. BELI SISTEM WIFI 
    Saat ini, ada banyak perusahaan yang menjual sistem WiFi. Ini pada dasarnya adalah jaringan mesh nirkabel. Mereka mencakup beberapa router identik yang sobat hubungkan di lokasi yang berbeda di rumah sobat.Keuntungan utama sistem ini adalah mereka mengkonfigurasi dirinya sendiri dan saling berbicara secara otomatis.

    Hal ini membuat mereka sangat mudah diatur dan sobat dapat menambahkan perangkat sebanyak yang sobat inginkan untuk terus memperluas jangkauan jaringan nirkabel sobat. Eero adalah salah satu contoh sistem WiFi.

    Muncul dengan tiga jalur akses untuk sekitar $500. sobat dapat mengontrol dan mengonfigurasi semuanya melalui aplikasi dan memerlukan waktu setengah jam untuk menyiapkan semuanya. Tentu saja, sobat kehilangan semua fleksibilitas dan kontrol yang sobat miliki saat membeli router tradisional.

    Perusahaan lain yang saya kenal sangat populer adalah Open-Mesh . Untungnya, konsumen bisa membelinya juga dan hasilnya bagus untuk keperluan perumahan. Sekali lagi, ini adalah solusi yang jauh lebih mahal, tapi sobat akan menjadi satu kemping bahagia di penghujung hari. 

  9. TAMBAHKAN ANTENA BOOSTER WIFI  
    Bergantung pada model router Wi-Fi yang tepat, mungkin kompatibel dengan antena penguat WiFi tambahan. Antena WiFi tampaknya memiliki tingkat beragam tinjauan campuran dari pembeli, namun untuk sekitar 50% orang, harganya layak dibeli.

    Antena booster WiFi bekerja dengan konsep yang sama bahwa antena yang dapat ditarik pada kotak boom tua bekerja. Sementara antena default mungkin built-in atau minimal, antena WiFi stsobatlone dapat membantu memperbaiki sinyal jaringan WiFi.  

  10. GUNAKAN POWERLINE ADAPTER   
    Bagi sebagian orang, sobat tidak bisa mendapatkan sinyal nirkabel ke area tertentu di rumah. Mungkin dindingnya terbuat dari bahan yang menghalangi WiFi dan karena itu tidak ada apa-apa selain koneksi kabel langsung yang akan bekerja. 
    Gunakan Powerline Adapter agar sinyal wifi bertambah kuat


    sobat selalu bisa mencoba untuk menjatuhkan jaringan atau jalur coax ke lokasi itu, tapi jika itu tidak layak, maka adaptor Powerline mungkin merupakan alternatif yang baik.

    Kecepatan adalah apa-apa untuk menulis tentang rumah, tapi itu pasti lebih baik daripada tidak sama sekali. Pada dasarnya sobat memasukkannya ke dinding, satu tempat router sobat berada dan satu di mana sobat memerlukan koneksi Ethernet.

    Sebagian besar hanya memiliki satu port Ethernet, namun beberapa di antaranya seperti Actiontec di atas, memiliki beberapa port untuk menghubungkan beberapa perangkat. 

  11. MATIKAN PERANGKAT LAINNYA 
    Jika sobat adalah pengguna gadget yang berat dan memiliki banyak perangkat yang terhubung di sekitar rumah sobat seperti kamera, telepon, monitor, perangkat IOT, dan lain-lain, mungkin perlu dipikirkan beberapa hal untuk dilihat apakah ada semacam gangguan.  Peralatan lain seperti gelombang mikro juga dapat menyebabkan gangguan, jadi coba jauhkan router sobat dari gadget elektronik lainnya. 

Menggunakan salah satu metode di atas seharusnya membantu memperkuat jaringan WiFi sobat dan menggunakan kombinasi metode ini seharusnya sudah mampu meningkatkan WiFi di rumah sobat. terima kasih dan selamat mencoba.. Goodluck..