Cara membuat Format Label di Undangan (Amplop) di Office Word 2013

Membuat label undangan  undangan / amplop merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat tulisan agar terlihat lebih rapi dan lebih bagus. Karena seperti yang kita ketahui bahwa menulis undangan menggunakan tulisan tangan kadang terdapat kekeliruan yang mungkin itu tidak bisa di rubah lagi. dan tentu saja itu akan menjadikan undangan tidak terpakai.

Untuk membuat tulisan undangan (pernikahan, undangan sunatan, undangan pesta, undangan ulang tahun dan hajatan lainnya) ini saya menggunakan office 2013. Bagi sobat yang menggunakan Office versi lain bisa menyesuaikan tutorialnya karena langkah-langkahnya pun hampir sama.

Lihat juga :
Cara Mengunci / Memberi Password di Word / Excel Dengan Mudah
Download PDF Binder untuk Menggabungkan PDF dengan Cepat

Label pada undangan ini adalah nama atau alamat yang di tulis / di cetak di atas kertas yang kemudian di tempelkan di undangan nikah, ulang tahun, sunatan, acara reoni dan hajatan lainnya.

Pada Office word ini sudah diberikan fitur / tool untuk membuat berbagai macam ukuran undangan amplop, sobat bisa memberi teks undangan  tersebut dengan berbagai macam model dan ukuran font dengan ukuran tertentu. dan tentu saja hasilnya lebih bagus daripada tulisan tangan.

Label akan di setting berdasarkan ukuran per label / kotak sesuai dengan kertas yang sobat pakai untuk mencetak kertas misal letter,legal, A3, A4 atau kertas khusus untuk membuat nama undangan / amplop. agar artikel ini tidak terlalu panjang mari kita langsung praktek.

Baca Juga :
Cara Membuat Daftar Isi (Table Of Contents) Otomatis di Word
Cara Mengembalikan Lagi File Foto, Video Yang Terhapus (Hp/Komputer)

Untuk memulai bagaimana membuat label undangan ini. persiapkanlah program office bisa office 2013, 2007, 2015 karena pada dasarnya cara membuat label ini hampir sama. dan sebagai contoh disini saya menggunakan office 2013.

Bagaimana cara membuat format label undangan di office word 2013

  1. Pertama kali adalah membuka microsoft office 2013
    membuat label undangan office 2013

  2. Berikutnya adalah dengan memilih menu "Mailing" kemudian "Label" selanjutnya klik "Option
    bagaimana cara membuat label undangan pernikahan

  3. Di sini sobat bisa melihat tampilan seperti di bawah ini. silahkan klik "New label" untuk membuat kotak-kotak label 
    cara membuat format label undangan

  4. Label name saya beri nama dengan "Label Undangan" sedangkan ukuran (nomer2) saya isi dengan ukuran seperti gambar. sebenarnya sobat bisa membuat ukuran tersendiri sesuai dengan kertas yang sobat pakai namun jika ingin menggunakan ukuran yang sama silahkan isi dengan angka yang sama seperti gambar di bawah ini. jika sudah klik "Ok
    cara bikin label undangan

  5. Akan muncul nama label yang barusan sobat buat. label ini bisa sobat pakai lagi jika sewaktu-waktu sobat membutuhkannya lagi. 
    cara membuat label undangan 103

  6. Untuk mmebuat halaman baru /new page label yang sobat buat tadi klik "New Document
    cara membuat label undangan office
  7. Ini adalah halaman yang akan tampil dengan settingan yang sudah dibuat tadi (langkah nomer 4)  jumlah kotak kesamping (number accros) 2 kotak sedangkan ke bawahnya (number down) 5 kotak. 
    membuat halaman label undangan

  8. Jika ingin memasukkan nama secara manual sobat tinggal ketik nama di dalamnya. seperti gambar di bawah ini saya menggetikkan nama dan alamat dengan meletakkan nya di center menggunakan font bradlay hand ITC untuk mempercantik huruf nya. 
    tutorial membuat label undangan

  9. Untuk Menambah kotak label klik pada bagian pinggir kotak lalu "Enter" pada keyboard secara otomatis akan muncul dua buah kotak label kosong. silahkan lakukan ini sesuai kebutuhan. ini berguna untuk menyesuaikan kertas yang akan sobat pakai nanti sewaktu mengprint label undangan tersebut. 
    cara print label undangan

  10. Untuk memprint label undangan pilih "file
    cara print label undangan office
  11. lalu klik "Print" lalu sesuaikan kertas yang sobat pilih sebagai contoh saya menggunaka kertas A4 saya melihat di preview nya (nomer3) kertas sudah pas tidak ada yang lebih atau kurang. 
    cara print label undangan dengan office word 2013

  12. terakhir klik "Print
    print label undangan


Cara di atas adalah cara paling mudah membuat label undangan untuk siapa saja. saya harap bisa membantu teman teman semua yang membutuhkan. selamat mencoba, terima kasih