Cara Cepat Membuat File PDF Dengan WordOffice dan PDF Editor

Blankcone.com - Bagi sebagian orang  file PDF ini tidak asing namun untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya mungkin masih banyak yang merasa asing. bagi blogger file PDF ini sering sekali di jumpai yang biasaya berupa ebook yang di download lewat internet. Mengenal file PDF bagi seorang blogger merupakan sebuah keharusan seperti halnya file docx atau yang biasa di edit melalui program word Office.

file PDF  atau Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang diciptakan oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital sedangkan Format PDF ini digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, citra, font dan grafik vektor dua dimensi. alasan banyak di buat file dalam bentuk PDF ini salah satunya adalah karena format PDF sangat fleksibel karena bisa support dari berbagai macam Operating system sebut saja windows, linux, dan lain-lain.

Dalam proses pembuatan PDF ada berbagai macam cara bisa dengan program PDF edior, bisa dari word office, atau juga bisa dengan membuat file PDF dengan cara online atau melalui convert format PDF, dengan corel draw, photoshop, dan lain sebagainya.

Sama halnya pada pada program word office dalam PDF juga bisa di sisipkan text di tengah tengah gambar. sebelum kita memulai kita coba bahas dahulu program apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengedit / membuat PDF itu.

Baca Juga : Cara Merubah / Mengconvert PDF ke Word atau Word ke PDF Tanpa Software

Program Untuk membuat / Mengedit Program PDF Gratis

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa ada beberapa program khusus untuk membuat file pdf sobat bisa mencoba salah satu dari beberapa daftar di bawah ini, untuk bagus dan tidaknya saya kembalikan pada masing masing karena semuanya memunyai keunggulan dan kelemahan.

Berikut adalah situs resmi layanan untuk membuat PDF files, hampir semuanya support dengan OS windows dan OS linux dan tentunya software nya bisa sobat dapatkan dengan gratis
  1. Adobe Reader program paling banyak di gunakan ini bisa juga bisa sobat pakai dengan gratis untuk mendownload adobe reader gratis ini lihat link berikut ini. untuk memunculkan download linknya pilih OS PC, bahasa dan versi yang sobat inginkan dahulu. 
  2. libreoffice silahkan download dan install programnya disini
  3. foxitsoftware berikut adalah link download program nya 
  4. openoffice untuk mendownload program ini silahkan klik link download disini
  5. inkscape untuk mendownload dan menginstall program nya klik saja tautan ini
  6. pdfedit langsung saja install dan download programnya jika sobat memilih program yang satu ini di link ini




  7. Pdftk download programnya dengan gratis lewat tautan yang ada disini
  8. http://www.pdfsam.org satu lagi software PDF yang tak kalah keren yaitu PDFsam silahkan ambil dengan cuma cuma disini
  9. Nitropdf program yang sudah populer untuk membuat dan mengedit PDF bisa sobat coba dengan gratis trial untuk menikmati layanan fiturnya silahkan coba softwarenya disini
  10. Sodapdf mungkin juga bisa sobat jadikan sebagai koleksi untuk lebih detailnya silahkan klik link ini
  11. CUtePDF mungkin akan menarik hati sobat smuanya. ini linknya
  12. OpenPDF download softwarenya dengan gratis disini
  13. Ebook reader silahkan kalau ingin membuat ebook versi PDF download software nya dengan gratis di tautan ini
  14. Dan masih banyak lagi yang gratis lainnya

Cara Membuat File PDF Dari Word Office 2010 dan 2013 

Nah kali ini jika sobat ingin membuat PDf dari program yang bukan dari program PDF editor. seperti yang sobat ketahui bahwa format DOCX itu bisa di rubah menjadi PDF misalkan saja dengan office 2013 dan office 2010 caranya sangatlah gampang.
  1. Jika sobat memakai program office 2010 atau 2013 sobat bisa langsung membuka programnya lalu ketikkan / edit file yang berekstensi doc 
  2. Bagi sobat yang memakai program office 2007 silahkan download dahulu 007 Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF nya. agar nanti sobat bisa menyimpan file DOC menjadi PDF. add in ini berekstensi exe jadi tinggal sobat install seperti sobat menginstall program yang lain.
  3. Jika sudah selesai klik "file" di bagian atas sebelah kiri
    cara membuat file pdf dari word
  4. Kemudian ada menu "save as"
    bagaimana cara membuat file pdf
  5. Di bagian save as type ini sobat pilih "pdf" silahkan scroll kebawah sedikit untuk memilih pdf




  6. Jika sudah selesai di simpan biasanya file tersebut akan muncul secara otomatis menggunakan aplikasi pembuat pdf disini saya memakai foxit jadinya file tersebut ternuka menggunakan foxid reader. 
    cara membuka file pdf

Cara Membuat PDF dengan Adobe Acrobat Untuk pemula

Salah satu program terbaik pembuat PDF adalah adobe acrobat, software premium ini juga bisa sobat coba secara trial disini  sekedar untuk latihan membuat PDF, namun Jika sobat mempunyai adobe acrobat sobat bisa mengikuti panduan cepat membuat PDF.
  1. Pertama kali sobat bisa membuat blank page PDF
  2. Tulis apa saja yang mau di tulis seperti biasanya sobat mengetik di microsoft word
  3. untuk mengedit 
    cara membuat dokumen pdf adobe acrobat
  4. Di sebelah samping sebelah kanan adalah tools yang bisa sobat gunakan untuk menambah text (add text), menambah gambar(add image),  edit gambar (edit text &image), import file, menyisipkan link pada text dan lain sebagainya. 
    cara membuat format pdf dengan adobe acrobat
  5. Beginilah hasil membuat pdf
    belajar membuat file PDF
  6. Langkah terakhir adalah menyimpan nya menjadi PDF 
    membuat dokument dengan format pdf
  7. Terakhir adalah menyimpan file nya dengan mengganti nama untitle nya sesuai dengan keinginan.
    aplikasi pembuat file pdf

Teknik di atas sebenarnya masih banyak lagi yang harus diketahui.  mungkin baiknya kita membahas yang paling mudah dahulu. Melihat cara membuat file PDF untuk pemula di atas tentu sangat mudah bukan? saya yakin siapa saja bisa mengerjakannya dengan baik. terima kasih dan selamat mencobanya. sukses selalu